Tradisi Lebaran di 5 Negara Berbeda

Lebaran atau Idul Fitri menjadi hari besar bagi seluruh umat muslim di dunia. Setelah berpuasa 30 hari, kita akan bertemu dengan Idul Fitri dan kembali suci. Banyak umat muslim yang merayakannya dengan suka cinta, dan berikut ini 5 negara yang memiliki cara unik untuk merayakan Idul Fitri.

  • Arab Saudi

Arab Saudi menjadi Negara islam yang tersohor di dunia, dan ketika Idul Fitri masyarakatnya memiliki tradisi yang khas. Biasanya Arab Saudi merayakan Idul Fitri dengan menggelar pembacaan puisi, teater, parade musik dan tari. Perayaan di awali dengan sholat Ied, kemudian makan bersama keluarga, mengunjungi sanak saudara dan tetangga. Makanan yang harus selalu ada saat Idul Fitri di Arab Saudi adalah daging domba, nasi dan sayuran tradisional.

  • China

Walaupun menjadi minoritas, tetapi umat islam di China tetap memiliki perayaan khusus untuk hari raya Idul Fitri. Umat islam di China akan melakukan sholat ied terlebih dahulu, kemudian makan bersama keluarga dan mengunjungi sanak saudara. Setelahnya mereka mengunjungi makam leluhur atau tokoh islam dan umat muslim yang meninggal pada masa pemerintahaan dinasti Qing dan revolusi kebudayaan. Mereka pun akan mengenakan baju lebaran, untuk laki-laki mengenakan jas dan kopiah putih, sedangkan wanita mengenakan baju hangat dan kerudung. Sebagian besar baju muslim yang ada sekarang pun berasal dari China.

  • India

Di India, umat muslim akan berkumpul di pusat perkumpulan mereka di New Delhi dan menggelar shola tied, untuk selanjutnya makan bersama sambil berbincang. Makanan wajib saat lebaran pun berbeda dengan Indonesia, di India menu wajib yang harus ada adalah Siwaiyaan, bihun manis yang disajikan dengan susu dan buah kering.

  • Nigeria

Di Nigeria Kamu akan menemukan umat nasrani yang ikut berpartisipasi di hari raya Idul Fitri, ini terjadi karena Nigeria memiliki toleransi yang tinggi antar umat beragama. Idul Fitri di Nigeria pun disebut sebagai “Sallah Kecil” karena mereka saling mengucapkan salam yang berbunyi “Barka da Sallah” salam sejahtera di hari raya.

  • Indonesia

Di Indonesia sendiri budaya mudik menjadi penting untuk merayakan hari raya di kampung halaman. Kegiatan hari raya pun di awali dengan sholat ied, bersilaturahmi ke tetangga dan keluarga. Hal wajib yang harus ada di Idul Fitri adalah makanan khasnya yaitu ketupat dan opor. Akan jadi lebih lengkap dengan air mineral yang segar dan memiliki label ceria khas lebaran dari Air Gunung SLA. Lebaranmu akan semakin lengkap nantinya.

Air Gunung SLA

Puasa Penuh Kesegaran

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s